Tips bagaimana membangun gaya hidup hemat

Tips bagaimana membangun gaya hidup hemat

Wednesday, August 21, 2019


Dalam dunia yang sudah moderen dan kekinian, banyak sekali kebutuhan yang kita keluarkan untuk kehidupan sehari - hari. Kadang kala kita bahkan tidak tau apa yang kita beli, kita hanya sekedar melihatnya bagus, menarik dan cara menawarkannya tidak biasa sehingga kita tergoda untuk membelinya. 
Sebagai manusia yang ingin meraih kesuksesan, tentunya berhemat merupakan salah satu kunci. Apalagi saat ini, tantangan ekonomi global sudah menjadi-jadi. Tidak sedikit para ekonom yang mengkhawatirkan hal ini dan Indonesia diprediksi akan dilanda krisis ekonomi seperti tahun 1997-1998 jika tidak memikirkan dengan matang untuk menghadapinya.
Berikut ini adalah Tips bagaimana membangun gaya hidup hemat :

1. Lakukan Analisa 


Mengenai kebiasaan belanja kita yang berlebihan, ada baiknya kita melakukan analisa kecil terhadap hal tersebut. Tidak semua kegiatan belanja itu buruk, namun yang patut untuk dipikirkan adalah mengenai poin mana dari kegiatan tersebut yang membuat kita senang/bahagia. Barangkali kita akan senang pada saat berjalan-jalan di mal saja, atau pada saat mengenakan pakaian yang baru kita beli. 

Dengan mengetahui hal seperti ini, maka kita bisa memperkecil lingkup kebiasaan belanja yang kita lakukan. kadang kita butuh berjalan-jalan dan menikmati secangkir kopi sepulang kantor, maka artinya kita tidak perlu membawa serta kartu kredit dan kartu ATM yang bisa memicu kita untuk berbelanja, terutama bagi kita yang tidak dapat menahan diri untuk melakukannya. Saatnya Ketahui dengan Sangat baik untuk apa dan kenapa kita mengeluarkan uang pada saat berbelanja. Coba Pertimbangkan hal tersebut dengan bijak, sehingga kita bisa mengontrol dan mengatur pengeluaran kita saat sedang berbelanja. 

2. Bijak Dalam Berbelanja 


Perlu Anda sadari bila Anda lebih menyukai belanja di general store yang terkenal bersih dan sejuk, mereka juga menggunakan jasa pemasaran yang selalu bisa mengundang Anda untuk masuk dan berbelanja di toko mereka dengan teknik-teknik tertentu. Saat Anda masuk ke toko untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar. 

3. Matikan Lampu yang Tidak Terpakai 


Sama seperti perlengkapan elektronik yang tidak terpakai, inspeksi seluruh rumah Anda jika ada lampu yang masih dalam keadaan menyala namun Anda tidak menggunakan ruangan tersebut. 

Disiplinkan diri Anda untuk mematikan lampu kamar mandi atau kamar Anda saat Anda keluar dari ruangan tersebut. 

Gunakan lampu otomatis untuk lampu taman atau lampu di teras untuk menghemat biaya listrik, terutama jika Anda meninggalkan rumah selama beberapa hari dan tidak ada seorang penghuni play on words di rumah. 

4. Menghemat Anggaran untuk Makanan 


Saat anda memutuskan untuk mencoba hidup hemat ini, mulailah memasak makanan anda sendiri,

Hal ini akan membuat spending plan makan dapat dihemat dengan mudah. Dengan memasak makanan sendiri, Anda mungkin hanya akan mengeluarkan sekitar Rp50.000,00 dalam sehari untuk biaya makan. 

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah ada. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi yang menyediakan diskon untuk berbagai tempat makan. 

Melalui voucher yang ditawarkan maka Anda dapat menikmati makan enak tanpa mengeluarkan spending yang berlebih.  

5. Menerapkan Pola Hidup Sederhana 


Saat gaji Anda Rumayan besar, jangan lantas pengeluaran anda menjadi besar juga. tetaplah bertahan untuk menjaga pengeluaran kercil. kuncinya ada pada kesederhanaan. saat anda memutuskan untuk sederhana dan tidak bergaya berlebihan anda mengurangi bahkan menghindari kecelakaan yang fatal untuk hidup hemat