Bagaimana cara kita hidup sehat dan pola hidup sehat

Bagaimana cara kita hidup sehat dan pola hidup sehat

Tuesday, August 20, 2019



Dijaman Sekarang Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Salah satu kunci umur panjang dan sejahterah adalah hidup sehat dan bahagia. Jadi bisa di simpulkan, semakin tambah bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Sekarang saya akan membongkar gimana cara hidup sehat dan bahagia melalu pola hidup sehat.

1. Mengkomsumsi Makan dan minuman secara sehat dan seimbang


Sehatnya Hidup kita bisa dibilang karena  asupan gizi yang baik. Agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya dengan maksimal, Harus memerlukan asupan gizi yang seimbang. Untuk makan itu sendiri biasakan memasak jangan terlalu lama agar gizi tidak hilang sepenuhnya

Kalau Anda memiliki kebiasaan pola makan yang kurang sehat, sepertinya Anda perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini bermanfaat untuk menjadi pengingat agar Anda membatasi konsumsinya. Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilan porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

2. Menjaga selalu Berolahraga secara teratur


Satu lagi pola hidup sehat yang sering dilupakan banyak orang, kususnya orang yang hidup di kota besar adalah Olahraga . Olahraga dengan cara yang benar dan waktu yang tepat dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, menguatkan otot dan tulang.

Mulai sekarang koreksi diri pribadi anda sendiri, apakah anda setiap hari kerjanya banyak diam di depan komputer, atau setiap harinya anda tidak pernah menggerakan tubuh secara sehat. Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi all out insignificant 150 menit tiap minggu

3. Selalu Berpikir Positif


Menurut ilmu psikologi selalu berpikir positif adalah kegiatan otak untuk  berpikir positif dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri. Mungkin anda tidak sadar, saat anda memutuskan membaca artikel ini, anda sudah berfikir positif loh…

Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan. Salah satu  manfaat berpikir positif adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selalu Berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia.

Seseorang dengan pemikiran yang positif akan lebih merasa bahagia dan hal ini dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif.

4. Menjaga Waktu Istirahat dengan Cukup


Berikutnya adalah Waktu Istirahat,
Waktu istirahat merupakan salah satu bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Keperluan tubuh untuk istirahat dan tidur setiap manusia berbeda sesuai dengan perkembangan aktivitas yang dijalani.
Memiliki waktu tidur yang sangat kurang juga setara dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. Nah, Oleh sebab itu, sesibuk apapun kamu, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup ya.

Tapi jangan salah, tidur berlebihan juga tidak baik dan tentunya merugikan. Menurut studi, tertidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional. Tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan. Mulai sekarang aturlah jam tidur dan istirahat kamu agar bisa mendapatkan waktu yang efektif dan hidup sehat.

5. Kurangi gula mulai hari ini


Anda penyuka dessert false name makanan manis? Cupcake, es krim, permen, brownies, memang sangat menggonda lidah. Saya hanya mengingatkan, mulai hari ini berniatlah untuk mengurangi atau bahkan menghindari berbagai makanan tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Nah, jika sudah terkena diabetes, Anda akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung dan stroke.
Alih-alih minum minuman kemasan, lebih baik Anda makan potongan buah segar. Selain lebih sehat, gula yang terkandung di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan.
Tak hanya gula, Anda juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol.